Search...>>

12.24.2011

Kupu-Kupu Trogon atau Raja Brooke di Kalimantan

Diberi nama Kupu-Kupu  Raja Brooke oleh seorang naturalis  ternama yakni Alfred L. Wallace pada tahun 1855, nama tersebut berasal dari nama Raja Sarawak saat itu yakni James Broke. Merupakan jenis Kupu-kupu dari ordo Lepidoptera. Endemik regional. Sebaran hanya di Pulau Kalimantan (Malaysia dan Indonesia). Populasi jarang dan kelestarian jenis ini terancam akibat menurunnya habitat dan aktivitas perdagangan. Status kupu-kupu ini adalah langka dan dilindungi di Indonesia, masuk dalam daftar  CITES Apendiks II.

Kupu-Kupu Trogon jantan, ditemukan di sekitar Air Panas Semolon, Malinau, Kalimantan Timur pada Bulan Oktober 2010 pada habitat sungai berbatu yang mengering.

Karakteristik Jenis :
Sayap kupu-kupu jantan berwarna hitam, sayap depan memiliki tujuh buah pola seperti gigi berwarna  hijau elektrik (sayap belakang yang lebih kecil juga berwarna hitam dengan tanda hijau). Kepala berwarna merah terang dan tubuh hitam dengan tanda merah. Sayap kupu-kupu betina yang agak coklat dengan kilatan putih yang menonjol di ujung sayap depan dan di dasar sayap belakangnya. Kupu-kupu dewasa menghisap cairan buah dan nektar pada bunga.

2 comments:

  1. Di sebutin dong kaka ke semolonnya sama siapaa... *kedipin mata*

    hahaha yang jelas sama aku dan rekan-rekan kantorr... ish lama2 gw kasi gelar tambahan ah buat lw.. dewan penasihat Kelompok Pemerhati Kupu-kupu "SARPEDON" :D

    *salam kupu-kupu*

    ReplyDelete
  2. Huahahahahaha, RHS kita berdua aja tuh info tambahannya yah heheheh

    Bukan itu gelarnya tapi Dewan penyicip kupu-kupu ........ hahahahah

    Keep komenk ta biar rada semangat ngeposting nya :)

    ReplyDelete