Search...>>

6.06.2015

How to upload and download data from GPS

Cara mudah upload dan download data dari GPS 


Sebagai seorang peneliti di bidang manajemen atau konservasi sumber daya alam, kemampuan dasar di bidang GIS sangat diperlukan, terutama untuk persiapan penilaian SDA secara langsung di lapangan. Salah satu hal yang penting adalah bagaimana cara menentukan lokasi sampling yang tepat di peta dasar sebagai acuan untuk pelaksaan sampling di lapangan. Tentu saja hal tersebut dilakukan sebelum melakukan sampling di lapangan. Adapun cara penentuan lokasi sampling di lapangan dapat dilihat pada tutorial sebelumnya

Nah setelah menentukan lokasi sampling yang biasa berupa titik-titik atau polygon dalam bentuk shapefile (*.shp), titik tersebut harus di upload ke  Global Positioning System (GPS) untuk memudahkan dalam pencarian titik tersebut di lokasi sampling. Konversi shapefile ke dalam format file yang bisa dibaca oleh GPS dapat dilakukan oleh beberapa softwares. Beberapa diantaranya berbayar, namun ada juga yang gratis atau open source

Salah satu software yang mendukung import GIS Data ke GPS dan juga sebaliknya adalah DNRGarmin. DNRGarmin sebelumnya dikenal sebagai program untuk melakukan eksport dari GPS data ke dalam format shapefile, khusus untuk GPS merk Garmin. DNRGarmin tersebut dapat diunduh secara gratis di http://www.dnr.state.mn.us/mis/gis/DNRGPS/DNRGPS.html.

Adapun penggunaannya adalah sebagai berikut.

1. Siapkan data yang siap diunggah ke GPS tersebut dalam format shp. Dalam tutorial kali ini, data yang akan digunakan adalah data titik random point yang merupakan hasil dari Tutorial sebelumnya. Anda dapat mengupload data baik dalam bentuk Points, Line, atau Polygon


2. Pastikan GPS sudah terkoneksi dengan baik pada komputer atau laptop Anda. Pastikan Anda menggunakan Garmin USB Driver yang terupdate. Bisa diunduh di http://www8.garmin.com/support/download_details.jsp?id=592. Jika GPS sudah terkoneksi, maka akan muncul di interface DNRGPS tersebut.

3. Lalu klik tab File kemudian pilih Load From, terus pilih file yang akan di unggah ke GPS (Random_point.shp).


4. Lalu pilih atribut yang akan ditampilkan sebagai nama atau identitas dari titik yang telah  dibuat. Dalam hal ini adalah CID.


5. Kemudian DNRGPS tersebut akan menampilkan data tersebut untuk kemudian di upload.


6. Kemudan klik GPS, lalu pilih Upload all, maka software tersebut akan mengunggah data random point tersebut ke GPS Anda. Selesai.

Nah, data yang akan Anda perlukan selama di lapangan nanti telah siap untuk digunakan. Hal ini sangat penting terutama jika Anda ingin melakukan Ground Check atau validasi data Citra Satelit di daerah yang menjadi fokus pekerjaan Anda.

Setelah Anda selesai dari lapangan dan ingin mendownload data dari GPS, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menggunakan software DNRGPS yang sama. Anda hanya perlu meng-klik Waypoint-> Download all, kemudian pilih file yang akan di download, lalu tekan OK. Maka data waypoint yang Anda ingin download telah selesai.

Setelah itu, data tersebut di save ke dalam format shapefile sehingga mudah untuk dilihat pada ArcMap. Caranya dengan meng-klik File->Save to->ArcMap->File, lalu tentukan nama file tersebut. Maka file tersebut telah siap untuk ditampilkan di software GIS. Begitu juga halnya jika Anda inging download Tracks atau Routes, tapi jangan lupa mengaktifkan tabnya dengan cara klik Tab Waypoints atau Tracks sesuai dengan jenis data yang akan di download.

No comments:

Post a Comment